Friday, April 10, 2015

Tutorial 1 - Mengenal Excel VBA Macro

Hi, saya Hery Purnama 081223344506 , Certified IT Trainer yang juga freelance inhouse trainer, melalui blog ini selain blog saya juga , saya akan berbagi tentang Excel VBA Macro dalam bentuk rangkaian tutorial dengan pendekatan praktek langsung, saya yakin Anda sendiri bosan dengan segala hal yang bersifat teori

Tutorial ini saya buat berurut sehingga tentunya sulit bagi anda jika tidak mengikuti dari tahapan pertama.

Ok , Apakah Excel Macro ? excel macro adalah fitur yang disediakan Microsoft melalui produk excelnya sebagai sarana buat Anda meningkatkan kemampuan excel Anda melalui otomatisasi, sederhananya adalah macro fasilitas merekam aktifitas Anda lalu kemudian dipanggil lagi dalam suatu kondisi yang anda inginkan.
Macro tidak hanya ada di Excel tapi di semua produk Microsoft Office dan sekarang juga banyak vendor lain yang membuat fasilitas macro dalam produknya

Kenapa macro diciptakan  ? sebenarnya macro diciptakan untuk menjawab kebutuhan public yang ingin meningkatkan kemampuan software dari sekedar penggunaan standard yang mungkin sudah tidak mampu menjawab permasalahan dalam aktifitas pekerjaan sehari hari

Macro bergerak dalam ruang lingkup bahasa VBA (Visual Basic for Application)  dan editor yang digunakan adalah VBE (visual basic editor), semua akan dibahas secara praktis pada tutorial selanjutnya



Copyright,

Hery Purnama
Freelance IT Trainer




No comments:

Post a Comment